Total Tayangan Halaman

Selasa, 08 Februari 2011

Matana Sorumba akan Dijadikan Ikon Buton

Matana Sorumba yang tetap eksis sebagai aset buadaya peninggalan leluhur Kesulatana  Buton akan dijadikan ikon Kabupaten Buton

Matana Sorumba sebagai perangkat pertahanan Kesultanan Buton masa lampau hingga saat ini masih tetap eksis. Hal itulah yang akan menjadikan perangkat pertahanan itu sebagai ikon Kabupaten Buton dalam peradaban modern saat ini.
    Dalam system pertahanan Kesultanan Buton, terdapat Bharata Patapalena, Matana Sorumba dan Bhisa Patamiana. Dari ketika pilar sistem pertahanan itu, hanya Matana Sorumba yang tetap eksis sedangkan kedua pilar lainnya ikut lebur ketika Kesultanan Buton bergabung dengan NKRI.
    “Matana Sorumba yang terdiri Mawasangka, Watumotobe, Wabula dan Lapandewa hingga saat ini masih tetap eksis sebagai perangkat adat di wilayah masing-masing ,” kata Kepala Bidang Bina Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buton, Nasiri, SSos
    Dikatakannya keberadaan Matana Sorumba yang tetap eksis itu merupakan satu kelebihan yang kita kagumi dan mengandung rahasia yang perlu ditelusuri keberadaannya. Sebab pilar lain seperti Barata patapalena, Bhisa Patamiana turut sirna dan melebur dalam bingkai NKRI bersamaan dengan hilangnya Pemerintahan Kesultanan.
    Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buton, Kasim, SH menuturkan hajatan besar dijadikannya Matana Sorumba sebagai ikon Kabupaten Buton telah dimulai dengan diselenggarakannya pertemuan parabela yang ada di wilayah Pemkab Buton. “Ke depan kita akan adakan pertemuan dengan mengundang smeua perangkat adat termasuk parebela yang ada di wilayah Bharat patapalena yakni Wakatobi, Bombana, dan Buton Utara termasuk Kota Baubau,” kata Kasim. (indah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar