Total Tayangan Halaman

Selasa, 08 Februari 2011

Menguasai Informasi Berarti Menguasi Masa Depan

Drs. H. Lutfi Hasmar, SSos, MSi
Kadis Nakertrans Kabupatem Buton
Mengusai informasi berarti mengusai masa depan. Informasi juga dapat digunakan untuk menentukan kinerja para staf di lingkup pemerintahan

Dalam perkembangan yang sangat cepat sekarang ini, dunia yang terus mengglobal, siapapun yang menguasai informasi akan menguasai masa depan. Sebab dalam perkembangan yang tidak mengenal ruang sekarang ini, informasi begitu cepat dan seakan tak terkendali.
    Hal itu disampaikan Drs. H. Lutfi Hasmar, SSos, MSc yang juga Kadis Nakertrans Kabupaten Buton ketika berbicara di hadapan Pejabat Struktural Eselon IV Lingkup Pemkab Buton dalam pelatihan Orientasi Kehumasan SCBD di Aula Eks Kantor Bupati Buton di Baubau (20/01). “Penguasaan Informasi sangat penting, termasuk dalam lingkungan kerja. Informasi itu dapat digunakan untuk meningkatkan etos kerja para staf di lingkup kerja masing-masing,” kata Mantan Juru bicara Kabupaten Buton ini.
    Mantan Kepala Badan Infokom PDE Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buton ini juga menguraikan tentang etika kehumasan dalam menjalankan tugasnya. “Seorang Humas pemerintah haruslah bertanggung jawab atas pekerjaannnya. Sebab ini menyangkut kepentingan public dan pencitraan good governance,” kata Lutfi Hasmar.
    Dikatakannya, seorang humas harus berperilaku jujur, setia dan memegang prinsip-prinsip keadilan. Dalam melakukan komunikasi seorang humas haruslah benar-benar menghindari hal-hal yang dapat mematikan komunikasi itu sendiri. Hal itu berupa mengevaluasi, menghibur atau coba-coba jadi psikolog.
    “Hal itu biasa juga disebut dosa mematikan dalam sebuah kegiatan komunikasi. Selain itu memberikan pernyataan yang sarkastik, mengatur, ‘menuntun’, mengancam, atau memberikan tekanan, memberikan nasihat yang tidak diminta, bersikap tersamar atau ambiqu dan tidak mau membagikan informasi,” beber mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buton ini.(irma)

1 komentar:

  1. assalamu Alaikum...Wr.Wb
    Informasi yang di tampilkan di di blog ini belum mendetail:
    kalau saya bisa sarankan, fisi dan misi untuk buton kedapan harus dipaparkan agar publik khususnya masyarakat buton bisa melihat kinerja para pemimpin buton sekarang.

    BalasHapus