Total Tayangan Halaman

Selasa, 30 November 2010

Lakaliba Seperti Hongkong

Panorama Lakaliba yang terletak di jantung teluk Lande
Desa Gaya Baru yang orang setempat menyebutnya Lakaliba, mendapat decak kagum dari Asisten Tata Praja Setprov Sultra. 'Pejabat teras' Sultra itu bahkan mengibaratkan lakaliba seperti Hongkong. Tak Salahlah kiranya jika desa yang terletak yang memiliki panorama menakjubkan itu menjadi duta Kabupaten Buton pada Lomba P2WKSS tingkat Provinsi Sultra tahun 2010

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sultra, Drs. H. Muh. Nasir Baso, MM tak dapat menyembunyikan kekegumannya pada panorama yang disajikan Desa Gaya Baru ketika menginjakan kakinya di desa yang menjadi Duta Kabupaten Buton pada Lomba P2WKSS tahun 2010 tingkat Provinsi Sultra. Tipografinya yang terdiri dari bukit-bukit dan tebing curam menyebabkan penguninya harus mendiami beberapa tingkatan bukit tersebut membuat desa Gaya Baru tampak mengenyangkan mata.
“Desa Gaya Baru memiliki panorama yang indah. Terletak persis di jantung teluk Lande yang berhadapan dengan Laut Flores membuat desa ini begitu sejuk. Desa ini juga memiliki terumbu karang. Potensi jika dimanfaatkan Desa Gaya Baru akan menjadi tempat wisata baru di kawasan Sultra,” kata Nasir Baso yang juga Ketua Tim Juri pada Lomba P2WKSS.
Nasir Baso yang pernah majabat sebagai Kadis Pariwisata Kabupaten Buton mengaku cukup kenal dengan daerah tersebut. “Gaya Baru telah tampil dengan gayanya yang baru dalam lomba ini. Sehingga ketika memasuki kawasan ini, saya sempat bingung dan lupa. Padahal dulu desa ini sering kami kunjungi bahkan sempat bermalam untuk meneylam dan memancing,” katanya.
Menurut Nasir Baso Gaya Baru juga semakin’cantik’ dengan penataan yang terus digenjot oleh pihak PKK yang dikomandoi langsung Ketua TP PKK Kabupaten Buton. Ny Hj. Wa Ode Salmatiah Sjafei Kahar. “Rumah-rumah yang tersusun rapi, teluknya yang indah, bahkan tebing-tebingnya di sepanjang teluk Desa ini seperti letaknya Hongkong saja,” kata Mantan Pejabat Bupati Buton Utara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar