Total Tayangan Halaman

Selasa, 30 November 2010

Masyarakat Gu Persembahkan 52 Kurban

Pembagian daging kurban di Kecamatan Gu
berjalan tertib dan aman
Musim kurban lebaran idul adha tahun ini, masyarakat Kecamatan Gu mempersembahkan 52 ekor kurban berupa Sapi dan Kambing. Pemotongannya langsung ditangani panitia. Penyalurannya pun berlangsung aman dan tertib. Sehari sebelumnya panitia bekerja ekstra untuk mendata warga yang berhak untuk mendapatkan daging kurban. Bagi yang berhak diberikan kupon untuk mengambil daging kurban di tempat pemotongan
Sedikitnya 52 ekor hewan kurban dipersembahkan warga Kecamatan Gu pada musim idul adha 1413 H.  Jumlah hewan tersebut merupakan total hasil kurban beberapa desa di kecamatan Gu yakni Kelurahan Watulea, 18 ekor (12 ekor Sapi dan 6 ekor Kambing), Bombonawulu 4 ekor (3 ekor sapid an 1 kambing), Kolowa 20 ekor (14 sapi, 6 kambing), Rahia 1 ekor sapi, Wadiabero, 6 ekor (5 sapi, 1 kambing) Walando 1 ekor sapid an UPTD Diknas Kecamatan Gu 2 ekor sapi.
    Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gu, Safiuddin SAg mengatakan jumlah hewan kurban yang dipersembahkan masyarakat Kecamatan Gu tersebut menunjukan tingkat perekonomian masyarakat yang semakin meningkat. Sebab tanpa dorongan ekonomi yang mapan, masyarakat tidak mungkin berkorban dengan jumlah yang begitu signifikan.
    Selain itu lanjut Safiuddin, motivasi yang dilakukan pihaknya termasuk tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama yang memberikan pencerahan pada masyarakat batapa pentingnya berkurban juga menjadi factor pendorong meningkatnya jumlah kurban tersebut.
    “Dalam syiar agama di desa-desa di wilayah Kecamatan Gu, kami selalu menekankan pentingnya berkurban. Selain itu kami juga membentuk panitia kecil di beberapa desa dan kelurahan untuk menghimpun dana masyarakat yang ingin berkurban. Mereka bisa menyicil kurban mereka. Sehingga dalam setahun dapat mencapai target yang telah ditentukan. Ini jelas meringankan masyarakat yang hendak berkurban,” kata Syafiuddin di sela-sela pemotongan hewan kurban Kelurahan Watulea, yang dipusatkan di pelataran masjid Al Ihsan Lombe.
    Khusus Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu, dana waga dihimpun panitia kecil oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama, yakni H Kaimuddin, La Ndiuma dan Djamuri, SPd, MPd yang dikordinir langsung Kuakec Gu dan Lurah Watulea, Bahari, SE. Panitia kecil itu juga terdiri Kepala Lingkungan  se-Kelurahan Watulea.
    Amatan di lapangan sebelum penyembelian, hewan kurban diserahkan secara simbolis oleh Pemerintah Kecamatan Gu yang diwakili Sekcam Gu, Gafaruddin kepada pihak panitia.
Masyarakat juga tampak tertib dalam pembagian daging kurban. “Berdasarkan pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, tahun ini bagi penerima disediakan kupon. Panitia juga dilengkapi dengan Kartu pengenal. Sehingga pembagian daging kurban berjalan tertib,” kata Ketua panitia pemotongan hewan Kurban Kecamatan Gu, La Ndiuma.

1 komentar: