Total Tayangan Halaman

Selasa, 30 November 2010

Takimpo Gelar Pemilihan Parabela dan Wati

Takimpo yang kental dengan ritual adatnya kembali menggelar pemilihan Parabela Pemuda dan Wati. Kedua perangkat adat itu merupakan representase perwakilan adat dari kaum muda.
 
Masyarakat Kelurahan Takimpo Kecamatan Pasarwajo menggelar rapat adat untuk menentukan hari H pelaksanaan pesta adat tahunan serta memilih Parabela Pemuda dan Waci. Rapat adat itu biasa dilaksanakan sebelum acara puncak pesta adat tahunan di kelurahan tersebut beberapa hari lalu.
               Pemilihan Parabela Pemuda dan Waci yang nantinya akan bertugas dalam ritual pesta adat yang dijadwalkan pada pertengahan bulan Desember nanti. Hal tersebut telah menjadi tradisi di Kelurahan Takimpo. Dalam pelaksanaan pesta adat tahunan ada yang disebut tahun ayam dan ada yang dinamakan tahun kambing.
               Saat pelantikan Parabela Pemuda dan Waci yang dilakukan setiap dua tahun, selalu bertepatan dengan Pesta adat. Pengukuhan itu disertai dengan prosesi penyembelihan kambing (tahun kambing).
               Setelah dilakukan pemilihan akhirnya rapat adat menetapkan  La Andi sebagai Parabela Pemuda dan La Galu sebagai Waci di Kelurahan Takimpo dan pada kesempatan itu juga langsung dilantik oleh Parabela (ketua Adat), La Aisi.
               Usai melantik Parabela Pemuda dan Waci sebagai representasi dari golongan pemuda di kelurahan tersebut, La Aisi mengatakan pemilihan sekaligus pelantikan itu dilakukan sebagai proses awal pelaksanaan pesta adat.
               “Sebelum pelaksanaan pesta adat tahunan, kami sebagai pemangku adat terlebih dahulu memilih Parabela Pemuda dan Waci. Mereka ini nantinya akan bertugas dalam ritual prosesi pesta adat. Dan dalam kehidupan bermasyarakat, apabila ada hal-hal yang berkaitan dengan masalah adat, merekalah yang mewakili pemuda pada setiap pengambilan keputusan adat,” kata La Aisi seperti dituturkan Koordinator Pranata Humas wilayah Pasarwajo, Wolowa dan Wabula, La Djairi, ST.
               Prosesi pemilihan para pemangku adat di Kelurahan Takimpo ini, juga tidak lepas dari perhatian pemerintah dan unsur legislatif. Ini terbukti dengan hadirnya La Samalo SH anggota DPRD Kabupaten Buton dan Camat pasarwajo, La Kobana S Sos.(**)

1 komentar: