Total Tayangan Halaman

Kamis, 06 Januari 2011

Hasil Audisi Meriahkan Buton Raya Ekspo

Sejumlah tari baik kreasi maupun radisonal, musik moderen maupun tradisonal menghiasi panggung utama Buton Raya Expo. Tarian dan Musik itu merupakan andalan di zona masing-masing ketika audisi musik dan tari digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buton

Hasil Audisi Tari dan Music yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buton ditampilkan di Panggung Utama Buton Raya Ekspo 2010 di Pasarwajo. Sejak malam pertama hingga penutupan, hasil audisi di tiga zona didaulat untuk mengisi malam kesenian Buton Raya Expo.
    Seperti yang dituturkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buton, Kasim, SH yang didampingi Kasubdin Bina Budaya, Nasiri, SSos pihaknya telah melakukan audisi di setiap kecamatan dan hasilnya diadu di festival wilayah yang dibagi tiga zona. “Zona I meliputi Buton Selatan yakni, Batauga, Sampolawa, Lapandewa, Kadatua, Siompu, Siompu Barat dan Batu Atas di pusatkan di Batauga. Zona II Buton Tengah meliputi Gu, Lakudo, Sangia Wambulu, Mawasanhka Tengah, Mawasangka Timur, Mawasangka dan Taaga Raya dipusatkan di Lombe. Zona III Buton daratan meliputi Pasarwajo, Wolowa, Wabula, Siotapina, Kapontori, Lasalimu Selatan dan Lasalimu dipusatkan di Wolowa.
    “Juara festival wilayah itu telah berhasil menyedot perhatian masyarakat Buton dan sekitanya pada setiap malam pertunjukan di Panggung Utama Buton Raya Ekspo. Penampilannnya pun tidak menoton pada satu zona, tetapi terkalaborasi dalam satu penampilan. Maksudnya jika malam pertama adalah zona I berupa gambus, maka tari kreasinya dan music moderenya adalah juara zona II dan Tari tradisonalnya zona III. Demikian seterusnya.
    Penampilan hasil audisi lanjut mantan Pj Bupati Buton Utara ini telah memberikan motivasi dan apresiasi yang tinggi bagi hasil kreasi anak daerah yang kaya akan potensi budaya. (emmy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar