Total Tayangan Halaman

Selasa, 11 Januari 2011

Infokom Dapat Mobil Perpustakaan Kelililng


Perpustakaan keliling dengan
pelayannya yang ramah (atas)
anak-anak mengerumuni Mobil Perpustakaan
keliling (bawah)
Perpustakaan Umum Kabupaten Buton mendapat mobil pintar yang digunakan sebagai perpustkaan keliling itu untuk menjangkau wilayah-wilayah Kabupaten Buton yang sulot dijangkau pelayanan perpustakaan Kabupaten Buton
Perpustakaan keliling itu Badan Infokom, PDE Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buton mendapatkan bantuan mobil perpustakaan. Mobil dengan plat merah, B 9172 PQU bertipe mobil barang, jenis hilux biru putih.
    Mobil tersebut juga berisi 1.500 eksamplar yang terdiri 750 judul. Tentu saja, bantuan buku itu semakin menambah perbendahaan koleksi buku Perpustakaan Umum Kabupaten Buton yang dikelolah Badan Infokom tersebut.
    “Mobil tersebut akan digunakan untuk menjangkau daerah-daerah yang jauh dari perpustakaan yang masuk dalam lingkup Pemkab Buton. Daerah-daerah tersebut adalah daerah yang dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat,” kata Kepala Bidang Perpustakaan dan Pameran, Badan Infokom, PDE, Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buton, Syafrin, SE.
    Bantuan itu kata Syafrin akan semakin menarik daya tarik perpustakaan untuk dikunjungi pembaca. “Rata-rata pengunjung setiap hari mencapai 200 orang. Pengunjung itu kebanyakan mahasiswa, disusul umum dan kalangan pelajar SMA, SMP dan SD. Sedangkan peminjam setiap hari mencapai 250 judul buku,” kata Syafrin.
    Kepala Badan Infokom, PDE Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Buton, Drs. La Halimu mengungkapkan mobl terswbeut akan dipergunakan untuk memaksimalkan pelayanan pada pembaca yang tidak sempat ke Perpustakaan Umum.
    “Pelayanan perpustakaan keliling untuk memberikan pelayanan pada masyarakat sekitar
 yang membutuhkan pelayanan buku bacaan secara gratis. Perpustakaan keliling juga untuk mendekatkan masyarakat kepada layanan Perpustakaan umum yang memiliki bahan-bahan bacaan yang bermutu dan meningkatkan minat baca serta pengetahuan warga Kabupaten Buton,” kata mantan Kepala BKKBN dan PP Kabupaten Buton ini.
    Menurut La Halimu Perpustakaan keliling merupakan salah satu sarana pendidikan nonformal. Perpustakaan keliling dimaksudkan untuk mempercepat akses informasi kepada masyarakat. Sebab Perpustakaan keliling sebagai salah satu perangkat pendidikan non formal berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyediakan buku-buku bacaan dengan mengkondisikan tumbuhnya minat baca pada masyarakat.(alma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar