Total Tayangan Halaman

Kamis, 16 Desember 2010

Buton Tanam Satu Miliar Pohon

Lokasi PPKAN Kabupaten Buton tahun lalu
di Kecamatan Sampolawa
Pemkab Buton akan mencanangkan penanaman satu miliar pohon pada Puncak Penghijauan dan Konservasi Alam. Puncak penghijauan tersebut akan dipusatkan di Lawela, Kecamatan Batauga.

Pencanangan Puncak Penghijauan dan Konservasi Alam Nasional (PPKAN) tingkat Kabupaten Buton rencananya akan dipusatkan di Desa Lawela, Kecamatan Batauga. Kegiatan yang direncanakan Januari ke depan itu akan akan ditandai dengan penanaman satu miliar pohon.
    “Dalam Pencanangan Puncak Penghijauan dan Konservasi Alam akan ditanam 1 miliar pohon. Penanaman itu untuk menghijaukan kembali kawasan-kawasan yang telah gundul selama ini,” kata Asisten Administrasi Sekda Buton, dr. Zuhuddin Kasim, MM usai memimpin rapat persiapan pelaksanaan PPKAN mewakili Sekda Buton di Pasarwajo.
    Mantan kadis Kesehatan kabupaten Buton ini, Pemkab Buton sangat serius dalam menangani kerusakan hutan. Perhatian khusus yang dimaksud adalah konservasi dan perlindungan yang meliputi penatagunaan lahan, penggunaan, pengembangan dan pengusahaan sumber daya alam. Pengendalian dan penanggulangan sumber daya alam yang rusak. Pemberdayaan dan peningkatan peran masyarakat, pemerintah dan lembaga sosial lainnya.
    Sementara itu Kadis Kehutanan Kabupaten Buton, Drs. Sumarto La Nae mengemukkan pihaknya sebagai leading sector kegiatan PPKAN telah siap dalam menyambut pencanangan penanaman pohon satu miliar tersebut.
   “PPKAN merupakan agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun. Urgensi pelaksanaannya merupakan kegiatan evaluasi dan selanjutnya menjadi perhatian utama atas pengelolaan dan pemanfaatan serta fungsi pelestarian potensi sumber daya alam hutan, tanah dan air. Hal ini pula menjadi perhatian yang serius bagi semua karena bila hari ini tidak terkendalikan tidak menutup kemungkinan dapat mendatangkan musibah banjir atau lainnya yang mengancam kehidupan ini,” katanya.
    Sekedar informasi kepedulian Pemerintah Kabupaten Buton yang dinakhodai Bupati Buton, Ir.
H. LM. Sjafei Kahar terhadap terhadap konservasi alam telah mendapat penghargaan dari
pusat. Terbukti, Sjafei Kahar dianugerahi Lencana Emas, Wana Lestari atas prestasinya menjaga kelestarian hutan, serta menjaga konservasi alam yang ada di wilayahnya. (indah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar