Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 Desember 2010

Kecewa Indonesia Kalah, Acara Pembukaan Tetap Berlangsung Meriah

Bupati Buton, Ir. H. LM. Sjafei Kahar, MSi
meninjau stan Buto  Raya Ekspo usai pembukaan
Acara nonton bareng final AFF Cup 2010 antara Malaysia vs Indonesia sebelum acara pembukaan Pameran Pembangunan dan Potensi daerah Buton Raya Expo 2010, berlangsung seru. Pejabat daerah mulai dari Bupati ingga Camat berbaur menjadi satu dalam euforia menyaksikan laga final sepakbola bergengsi di Asia Tenggara tersebut.


PAMERAN Pembangunan dan Potensi Daerah Buton Raya Expo 2010 telah dibuka secara resmi oleh Bupati Buton Ir LM Sjafei Kahar. Namun ada hal yang berbeda pada pembukaan pameran tersebut yakni sebelum acara di buka terlebih dahulu Bupati bersama pejabat di lingkup Pemkab Buton serta ratusan masyarakat melakukan acara nonton bareng final AFF Cup 2010 antara Malaysia vs Indonesia.
      Dengan menggunakan layar berukuran besar yang dipasang tepat didepan panggung utama, acara nonton bareng tersebut berlangsung meriah dan seru. Tampak tidak ada sekat antara pejabat dan masyarakat. Mereka larut dalam suasana tegang bercampur harap menunggu gol yang disarangkan pemain Timnas Indonesia.
     Sjafei Kahar yang pada malam itu datang sedikit terlambat, langsung mengambil tempat dibarisan depan seolah tidak mau ketinggalan menonton pertandingan final malam itu. Sesekali, penonton bersorak ketika pemain Indonesia nyaris membobol gawang Malaysia, Salah satunya peluang dari Ahmad Bustomi yang sudah berdiri bebas dihadapan gawang, namun sepakan kaki kirinya masih malaju tipis dari sisi kiri gawang.
     Yang paling menarik adalah ibu-ibu tanu undangan juga tidak mau kalah dengan penonton pria lainnya. Mereka juga tampak antusias, sesekali teriakan dan tepuk tangan mereka lakukan bahkan ada yang sampai melompat-lompat saat Indonesia nyaris membobol gawang Malaysia melalui Cristian Gonzales.
     Sorakan penonton semakin keras ketika tiba-tiba terjadi kesalahan teknis dimana layar tiba-tiba mati di menit awal pertandingan babak kedua. Namun hal itu tidak berlangsung lama dan acara nonton bareng berlanjut. Namun raut muka tegang nampaknya semakin tegang ketika gawang Indonesia yang di jaga Markus akhirnya bobol dan tida berlangsung lama sekali lagi markus tidak mampu menjaga gawangnya, skor 2-0 untuk Malaysia.
Salah satu pertunjukan Rakyat Buton
pada pembukaan Buton  Raya Ekspo
    Kekecewaan penonton semakin menggeliat setelah untuk ketiga kalinya Malaysia membobol gawang Indonesia. Sorakan dukungan seketika berubah menjadi keluhan bahkan sesekali mereka melontarkan kalimat emosional. “Itumi belum juara sudah di puji-puji akhirnya keenakan,”ujar salah satu penonton malam itu.
     Hingga peluit akhir dibunyikan skor 3-0 tetap tidak berubah. Sebagianpara penonton meninggalkan tempat nonton bareng. Namun mereka tidak langsung pulang ke rumah masing-masing tetapi mereka pergi melihat-lihat stan yang ada di Pameran.
     Acara dilanjutkan dengan pembukaan dimana diawala dengan persembahan sebuah lagu dari penyanyi lokal yang pada malam itu menggunakan baju merah dan diriingi pemain elekton yang tamapak semangat memaikan elektonnya.
     Berikutnya, pembacaan laporan dari ketua panitia Buton Raya Expo 2010, Kaharudin Syukur yang juga Sekda Buton dihadapan tamu undangan. Pada kesempatan itu dia menyampaikan bahwa kegiatan Buton Raya Expo merupakan kegiatan yang terselenggarakan atas kerja sama Pemkab Buton dan SKH Radar Buton. Tidak lupa dia juga memaparkan terkait sumber dana dalam pelaksanaan Buton Raya Expo 2010 dimana sumber dana tersebut berasal dari APBD.
     “Saya berharap melalui wadah Buton Raya sangat efektif dalam menggali dan memunculkan potensi ekonomi baik dalam bentuk sumber daya alam maupun sumber daya manusia serta akselarasi kebangkitan usaha kecil menengah degan pemanfaatan berbagai teknologi,” kata dia.
     Setelah Kaharudin Syukur membacakan laporan ketua panitia, berikutnya giliran Bupati Buton Ir LM Sjafei Kahar yang memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pameran Pembangunan dan Potensi daerah Buton Raya Expo 2010.
     Dalam pidatonya Sjafei Kahar mengatakan Buton Raya Expo merupakan ajang pembangunan multi produk dan pasar rakyat pertama berskala daerah dalam rangka promosi potensi dan produk ungggulan yang ada di daerah. Terutama produk teknologi, industri, perdagangan, jasa kebudayaan, manufacture, agro bisnis, serta sarana hiburan dan pendidikan masyarakat.
     "Saya menilai penyelenggaraan Buton Raya Expo ini sangat positif dan tentunya tidak terlepas dari upaya kita semua guna memenuhi kebutihan masyarakat dalam hal memberi informasi tentang produk ungggulan dan hasl-hasil pelaksanaan pemvangunan di kabupaten Buton," katanya disambut tepuk tangan hadirin.
     Dia juga menyinggung soal perkembangan dan kemajuan Buton terutama di Kota Pasarwajo sebagai ibukota setelah pindah dari Kota Baubau masih mengalami keterbatasan. Maka itu pemerintah daerah tidak henti-hentinya melakukan pembangunan, terutama dalam pembangunan sarana prasarana umum, disamping infrastruktur jalan dan dermaga.
     “Diantaranya pembangunan gedung serbaguna, dan pembangunan kolam sebagai tempat saranan rekreasi yang sebentar lagi pembangunannya akan rampung dan dapat dimanfaatkan masyarakat,” jelasnya.
     Setelah membuka acara, Bupati Sjafei meninjau seluruh stand. Amatan koran ini, hadir dalam acara itu, Ketua DPRD Buton, LM Yamin, Kapolres Buton, AKBP Heri Susanto SIK, Sekab Buton, H Kaharuddin Syukur MSi, Perwira Penghubung Kodim 1413 Buton, Kepala SKPD, Kabag, Kabid dan staf pegawai lingkup Buton.  Hadir juga dalam acara itu masyarakat di Pasarwajo.(FF/alma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar