Total Tayangan Halaman

Jumat, 31 Desember 2010

Salmatiah Sjafei Serahkan PLTS di Talaga Raya

Ketua TP PKK Kabupaten Buton,
Ny Hj. Wa Ode Salmatiah Sjafei
Salmatiah Sjafei selaku Ketua TP PKK Kabupaten Buton menyerahkan bantuan PLTS pada warga Kokoe, Kecamatan Talaga Raya. Desa tersebut terletak paling barat wilayah Kabupaten Buton yang berbatasan langsung dnegan Selayar (Sulsel) dan Bombana

Ketua TP PKK, Ny Hj. Salmatiah Sjafei menyerahkan bantuan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Desa Kokoe, Kecamatan Talaga Raya. Bantuan yang berasal dari PT Inko itu sebanyak 47 unit. Terhitung Kokoe telah dua kali mendapat bantuan serupa yakni tahun 2009 sebanyak 30 unit. Sementara desa tetangganya Talaga Besar pernah juga mendapat bantuan PLTS sebanyak 75 unit. Penyerahan itu dilakukan Ketua TP PKK didampingi Kepala Bidang Energi Dinas Pertambangan dan Energi Buton M Sahrir, BA.
    Sebelumnya, TP PKK juga memimpin sosialisasi 10 program Pokok PKK bagi kader PKK se-Kecamatan Talaga Raya yang dipusatkan di Aula Pertemuan, Kelurahan Talaga I.
    “Pemberian bantuan PLTS bagi Kokoe disebabkan daerah itu merupakan daerah terluar Kabupaten Buton yang sulit dijangkau dengan PLN. Letaknya berupa pulau kecil memungkinkan darah itu haruslah dilayani dengan PLTS. Namun ke depan tidak akan menutup kemungkinan daerah itu akan dilayani mesin genset yang menggunakan temaga diesel,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Buton, Ny. Hj. Wa Ode Salmatiah Sjafei Kahar di sela-sela penyerahan bantuan tersebut.
    Sekadar mengingatkan Kokoe merupakan desa cakupan Talaga Raya yang wilayahnya terdiri pulau Popalia, Kokoe dan sebagian warganya menetap di daratan Kabaena bagian selatan yang warga setempat menyebutnya Kolowanan Bugisi. Sebagaian warga Kokoe menyandarkan hidupnya pada laut yakni sebagai nelayan tangkap atau nelayan agar-agar.
    Menurut Salmatiah pemberian bantuan itu merupakan bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Buton terhadap warganya yang menghuni daerah-daerah terpencil. Apalagi Kokoe merupakan daerah paling terluar Kabupaten Buton yang berbatasan langsung dengan wilayah perairan Selayar.
    Camat Talaga Raya, Drs. La Ode Mursal Zubair, MSi ketika menyaksikan penyerahan bantuan itu, tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. “Warga Kokoe menghuni pulau-pulau kecil di wilayah barat Kabupaten Buton. Sehingga bantuan itu merupakan sebuah rahmat bagi warga Kokoe,” katanya.(irma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar