Total Tayangan Halaman

Selasa, 14 Desember 2010

WANA LESTARI BUKTI PEDULI SJAFEI


Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Buton
Drs. Sumarto La Nae

Penghargaan Lencana Emas yang disematkan Kementerian Khutanan RI merupakan bukti nyata, kepedulian Bupatyi Buton, Ir. H. LM. Sjafei Kahar terhadap kelestraian hutan dan konservasi alam di wilayah itu. 

Bupati Buton Ir H LM Sjafei Kahar merupakan sosok yang peduli terhadap kehutanan. Ini dibuktikan dengan raihan anugerah Lencana Emas Lestari dari Menhut Zulkifli Hasan, di Gedung Manggala Wana Bhakti Kementerian Kehutanan RI di Jakarta, belum lama ini.
Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Buton, Drs Sumarto La Nae menerangkan penghargaan itu diterima Bupati Buton atas kepeduliannya terhadap penghijauan dan konservasi alam di Buton. Anugerah tersebut cukup bergengsi karena dari hampir 300 Bupati di Indonesia, hanya 22 yang memperolehnya, salah satunya Bupati Buton.
Bupati Sjafei selama menjabat tidak memberi ampun bagi para pembalak liar ketika beraksi di hutan-hutan yang dilindungi pemeintah. “Mari kita tetap jaga kelestarian hutan kita. Sebab hutan merupakan aset yang tak terhingga nilainya sebagai penyimpan kandungan air,” begitu Bupati Buton pada setiap kesempatan ketika mengingatkan para camat tentang keselamatan hutan di wilayahnya.
Sumarto mengatakan bentuk kepedulian Bupati Buton selain menanam pohon, juga melakukan pembersihan Lokasi Penanaman dan tempat pelaksanaan penghijauan dan konservasi alam seluas 3 hektar, pembuatan terasering sepanjang 200 meter. “Maksud kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan masyarakat tentang teknik rehabilitasi lahan dan konservasi tanah. Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat dan pentingnya rehabilitasi lahan dan konservasi tanah dalam rangka menjaga ekosistem dan pelestarian sumber daya alam,” katanya.(minal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar