Total Tayangan Halaman

Rabu, 08 Desember 2010

Mahoni untuk Kombeli

Untuk memanfaatkan lahan warga yang tidak produktif lagi, pemerintah mengucurkan bantuan untuk warga Kombeli berupa Pohon Mahoni. Jumlah sekitar 22 ribu pohon yang ditanam di lahan yang luasnya sekitar 83 ha. Lahan tidak produktif milik 88 KK.

Kelurahan Kombeli, Kecamatan Pasarwajo, kembali mendapatkan bantuan. Kali ini berupa Pohon Mahoni sebanyak 22 ribu pohon. Bantuan tersbeut berasal dari LMP (Lingkungan Mandiri Pedesaaan).

Pohon Mahoni tersebut ditanam di lahan milik masyarakat yang tidak produktif lagi. Luasnya mencapai sekitar 38 Ha. Penanaman tersebut dilaksanakan akhir November lalu secara gotong royong oleh masyarakat setempat, wilayah Kampung Lama, Kelurahan Kombeli.

“Lahan yang digunakan untuk menanam pohon Mahoni itu tidak produktif lagi untuk tanaman jangka pendek. Dan lahan itu dimiliki sekitar 88 KK,” kata Lurah Kombeli, Jura Hamkal, SPd.

Dikatakannya dengan bantuan Mahoni melalui LMP yang merupakan bagian dari PNPM-MP yang khusus menangani lingkungan atau penghijauan ini, warga Kombeli menyambutnya dengan antusias. Masalahnya, lahan mereka selama ini tidak pernah ditanam lagi dengan tanaman produktif jangka pendek.

“Program ini seklaigus dapat menghijaukan menghijaukan lahan yang telah gundul atau tidak produktif lagi. Sehingga nantinya ketika musim kemarau berlangsung, Mahoni dapat menyimpan kandungan air bawah tanah. Dan masyarakat tak akan kekurangan air bersih di musim kemarau,” ujar Jura.(indah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar