Total Tayangan Halaman

Minggu, 19 Desember 2010

Cuaca Buruk Tak Halangi Talaga Raya Hadiri Festival

Camat Talaga Raya, Drs. La Ode Mursal Zubair, MSi
berbincang seirus dengan Ketua Panitia Festival
yang juga kabid Bina Budaya, Nasiri, SSos
Cuaca buruk yang melanda Laut Flores tidak membuat Kontingen Talaga Raya surut untuk menghadiri Festival Kawasan Zona II yang dipusatkan di Lombe. Bahkan Kecamatan kepulauan itu mampu merebut juara. Camatnya pun didaulat untuk memberikan hadiah

Cuaca buruk yang melanda laut Flores mengakibatkan ketinggian gelombang di perairan tersebut mengalami peningkatan, berbeda dari biasanya. Namun, gelombang, dan angin kecang yang melanda perairan yang merupakan jalur utama masyarakat Talaga Raya untuk menuju pelaksanaan Festifal Wilayah Audisi Tari dan Musik tingkat Kecamatan Kabupaten Buton Zana II Buton Tengah. Namun tingginya gelombang dan angin kencanag yang melanda Selat Speelman itu membuat kontingen Talaga Raya tidak surut. Meski kapal yang membawa kontingen Talaga Raya sempat dihantam ombak dan angin kencang saat menuju Lombe (17/12), namun kontingen Talaga Raya tetap tampil all out.
    Kontingen Talaga Raya yang dipimpin langsung Camat Talaga Raya, Drs. La Ode Mursal Zubair, MSi menempuh jalur laut menuju Mawasangka selanjutnya menuju Lombe. Belum hilang mabuk laut yang dialami Kontingen yang beranggotakan 21 orang yang terdiri penari, anggota vocal group, pemain gambus serta pelatih dan official, kontingen harus menempuh jarak 42 km untuk sampai ke tempat pertandingan dilangsungkan.
    “Ini adalah adalah wujud nyata kebersamaan. Silaturahim yang sesungguhnya. Dan yang terpenting adalah penampilan nuansa budaya yang hedak diangkat sebagai asset dan kekayaan budaya Buton, warisan leluhur kita,” kata Camat Talaga Raya, Drs. Mursal Zubair  usai menyaksikan anggota kontingennya melakukan persiapan.
    Mantan Camat Lasalimu ini menuturkan pelaksanaan festival yang menampilkan berbagai tarian tradisional dan kreasi bagi para kaum muda merupakan ajang untuk menyalurkan bakat mereka di bidang snei yang terpendam. Untuk itulah pihaknya, berusaha untuk tampil dalam ajang tersebut.
    “Apalagi misi Kabupaten Buton sebagai kawasan bisnis dan budaya terdepan. Dan, ini sarananya,” kata Mursal dengan nada canda.
    Alhasil Talaga Raya pada penampilanya di ajang Festival wilayah itu merebut juara III lomba vocal grup. Bahkan Camat Talaga Raya pada malam penutupan sempat didaulat untuk memberikan hadiah pada pemenang lomba Vokal Grup.
    “Kami tidak mengutamakan juara. Yang penting kami sudah tampil maksimal. Dan bakat-bakat terpendam generasi muda di Talaga telah tersalurkan,” tutur Mursal.(alma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar