Total Tayangan Halaman

Jumat, 03 Desember 2010

Sjafei Kahar Dianugerahi Lencana Emas Wana Lestari

Bupati Buton, Ir. H. LM. Sjafei Kahar, MSi kembali mendapatkan penghargaan. Kali ini disematkan Menteri Kehutanan RI, karena keberhasilannya dalam  bidang penghijauan dan konservasi alam 
Bupati Buton, Ir. H. LM. Sjafei Kahar, MSi
Bupati Buton, Ir. H. LM. Sjafei Kahar bersama 22 bupati lainnya di Indonesia dan 5 Walikota menerima penghargaan berupa Lencana Emas Wana Lestari. Penghargaan itu diterima Bupati Buton di Gedung Manggala Wana Bhakti Kementerian Kehutanan RI di Jakarta (02/12).
 

“Penghargaan itu diterima Bupati Buton atas jasa beliau dalam penghijauan dan konservasi alam di Kabupaten Buton,” kata Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Buton, Drs. Sumarto La Nae.
         Penghargaan itu diberikan kepada para kepala daerah yang menjaga kelestarian hutan, serta menjaga konservasi alam yang ada di wilayahnya. Dikatakannya, Bupati Buton pada masa pemerintahannya begitu peduli dengan kelestarian dan konservasi alam. “Pada puncak penghijauan tahun lalu, telah dilakukan penanaman jati local dan mahoni sebanyak sekitar 1.000 pohon dengan jarak tanam 5 x 5 meter. Selain itu, juga ditanam tanaman memorial sebanyak 210 pohon dengan rincian Mangga okulasi sebanyak 50 pohon, rambutan 50 pohon, durian okulasi dan Sukun masing-masing sebanyak 30 dan 80 pohon,” kata Sumarto.
 
Mantan Kepala BKKBN dan PP Kabupaten Buton ini mengatakan selain menaman pohon, sebelumnya juga telah dilakukan pembersihan Lokasi Penanaman dan tempat pelaksanaan penghijauan dan konservasi alam seluas 3 hektar, pembuatan terasering sepanjang 200 meter. “Maksud dari kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan masyarakat tentang teknik rehablitasi lahan dan konservasi tanah. Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat dan pentingnya rehablitasi lahan dan konservasi tanah dalam rangka menjaga ekosistem dan pelestarian Sumber daya alam,” katanya.
 
Bupati juga selama menjabat tidak memberi ampun bagi para penebang liar ketika beraksi di hutan-hutan yang dilindungi oleh pemerintah. “Mari kita tetap jaga kelestarian hutan kita. Sebab hutan merupakan asset yang tak terhingga nilainya sebagai penyimpan kandungan air,” begitu Bupati Buton pada setiap kesempatan ketika mengingatkan para camat tentang keselamatan hutan di wilayahnya.(alma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar